Minggu, Januari 30, 2011

Amerika
(nggak nemu judul yang menarik -_____-)

Hola!
Finally weekend.. This week seems like forever!
Mon: final test Spanish (well i exempted thou hehe :p)
Tue: make-up school
Wed: first day of 2nd semester!
Thurs: meeting with Charlotte's mayor anthony Fox, visit Queens university, and did mid-year orientation in Greek Isles (nyam! :p). Gue nyanyi loo American National Anthem buat beliau!! Finally I got the chance! :')
Fri: reg school
Not too bad right? :p But it feels so long..

Hehe anyway (i know itu ga penting buat diceritain), di pertengahan januari yang baru aja lewat, gue off school selama 10 hari gara-gara salju. (I know!) It sounds interesting buat kita yang belum pernah liat salju sebelumnya, tapi in fact it's b-o-r-i-n-g. Well, yeah the snow was fun tapi gue prefer went to school deh.. -_____- Snow is okay, tapi yang namanya es nggak banget deh. Bikin semuanya licin dan bahaya kalo ke luar rumah. Dan bodohnya gue malah nggak blogging ya waktu itu, hahah --"

Dan akhirnya udah ganti semester aja. Huhu sedih pisah sama classmates in first semester.. :'( Jadwal gue last semester asik banget, hehe. Jadwal gue sekarang.. yaa ngga bisa santai karena gue ambil English 12 sama Ap Chemistry 2 (yang karena sekelas sama anak IB, jadinya kita ngikutin materi IB minus praktikumnya yang seabrek itu, alhamdulillah --"). Tapi ya nggak papa lah, toh di Indo gue masih harus berjuang buat masuk PTN (wooy lulus SMA dulu kali Az). Gue dapet straight A's buat semua kelas, alhamdulillah.. Dan lucunya gue lulus pre-calculus dengan nilai 131, hahaha Pak ** ketawa deh --" Gara-gara gue exempted tapi tetep ambil final (which was the same thing that my teacher'd do if she were me, she said - mini me :p). Tapi emang gue lebih semangat belajar di sini, nggak tau ya kenapa.. Mungkin karena gue bisa jadi satu-satunya orang Indo yang temen-temen atau guru-guru gue kenal, gue nggak mau gambaran orang Indonesia yang mereka tau itu males atau have bad grades.

Ngomong-ngomong PTN, gue jadi bingung deh sama pemerintah. Well, gue sih setuju aja kalo SNMPTN didahuluin or SNMPTN jadi the only way to go to PTN, so semua anak kesempatannya rata. Cuma kenapa sih ngubahnya di tengah-tengah begini.. Kalo dari Juli taun kemarin kan setidaknya semuanya bisa nyiapin diri. Sadis juga ya tapi kalo dipikir-pikir; cuma ada 1 kesempatan buat masuk PTN. Kalo nggak masuk.. Ya udah bye-bye, optionnya: PTS, kerja, nunggu setaun (glek), atau.. nikah. Hahaha jangan lah ya yang terakhir ini mah. Mana pake acara UN-in agama di angkatan gue ntar lagi, udah gitu UN jadi prasyarat PTN.. *prasyarat boleh, tapi kalo SNMPTN dihapus jadinya digabung ke UN gue nolak mentah-mentah deh -_____- Hadeh daripada pusing ikhtiar aja lah ya sekarang mah.

Gue ambil current events juga semester ini, yang gue drop last semester karena gue mau ambil chorus yang merupakan AB class (for a whole year)--", awalnya bete karena muridnya sekelas banyak (lupa kali di Indo sekelas 40 anak), tapi nggak nyesel deh hehe. Selain pendapat gue di kelas ini bakal didenger banget (secara dari different point of view), gue juga belajar banyak. :)

Dan kemaren gue nonton dokumenter soal violence di Amerika. Di negara Paman Sam ini hak untuk barearms (melindungi diri dengan senjata) emang ada di konstitusi. rata-rata orang jawab kalo punya senjata itu "untuk melindungi diri". Tapi coba deh liat nggak di berita di koran atau TV.. setiap hari selalu aja ada accident gara-gara senjata api. Nggak disengaja maupun disengaja. Dan waktu gue ke mall, di hunting section, kita bisa dengan mudahnya beli senjata. banyak banget cowok-cowok yang liat-liat senjata dengan penuh minta, nyeh. Walau gue tau butuh permit yang nggak gampang juga dapetinnya, it shows how easy it is to get weapon here.. Setting film dokumenter otu nggak cuma di Amrik, tapi juga ke negara tetangganya di utara: Kanada. Well, di Kanada kehidupannya beda jauh banget sama US. Padahal mereka sama-sama suka senjata juga kok, but people don't use it.

Tapi kalo dipikir-pikir emang susah buat menemukan alasannya. Kenapa? Rasisme, ekonomi? Kalo orang jawab punya senjata alasannya buat melindungi diri, asalnya dari ketakutan kan. Kalau semua ortu begitu otomatis pola pikir anak-anak pun bakal jadi kayak gitu, ya nggak? Senjata api bukan alasan bukan menyelesaikan masalah.. Salah satu orang di Kanada yang diinterview bilang: "Orang di sini lebih memilih negosiasi, kalau di US banyak orang yang mengeluarkan senjata tanpa berpikir dahulu." Di Amerika masalah rasisme memang masih jadi issue walaupun segregasi hitam-putih emang udah lama banget.. Masalah ekonomi juga bisa faktor pemicu (walau yah semiskin-miskinnya di sini di Indonesia banyak yang lebih mengenaskan).

Jadi Amerika pun nggak sempurna dalam kenyataannya. Tapi kenapa orang-orang kita banyak yang lebih bangga dengan gaya kebarat-baratan? Produk Indonesia banyak juga malah di sini; dan harganya berkali-kali lipat. Pernah gue liat baju "made in indonesia" yang harganya amit-amit.. It's sad remembering buruh-buruh kita salarynya cuma seperberapanya kali gue ngga tau.

Haha jadi random gini --" Gitu deh ntar gue nulis lagi.
Anyway selamat berakhir pekan! :)

AB

4 comments:

Unknown mengatakan...

padat sekali kegiatanmu nak apakah itu akan membuatmu lebih langsing nantinya?hehe :p

Azka Maulida Bastaman mengatakan...

heeemm -_____-

DEM mengatakan...

hi azka! your blog is fascinating, btw. (: habis baca posting ini, ke-jealous-an saya yg ga dapet host-country di us kambuh lagi. hehe *lebay

but i was wondering, scientific lesson di sana ga sesusah di indo atau gimana sih? such as math, chemist etc. you got straight A's for all classes, mate! that's awesome regarding i still can't understand them well in italian school.

and it's like you have buck of activities at school, I guess.

last question, is there something you dislike about the US?

Azka Maulida Bastaman mengatakan...

Thank youu :*
Haha, really? Italy seems so interesting! Could u teach me Italian? I sing Italian song a lot :p

Well it's not about which one is harder, but their system is different with us, kebayang ga sih kelas-kelas yang kita pelajarin selama tiga tahun walau dikit-dikit dipadetin jadi 1/2 semester? Straight A maybe bcoz we've learned some of the materials back there, or maybe I learn harder than in Indo (ga mau lah impression mereka soal murid itu males :p). How's urs?

apa ya? hehe jangan dibahas di sini lah ya :p ya salah satunya berat badan naik mungkin, heheh

Posting Komentar