Jumat, Februari 26, 2010

Menertawakan Kebodohan  

22.15
Tapi gue masih aja belum bisa tidur.
Sebenernya besok ada gerak jalan di sekolah, dan gue bingung mau ikut apa ngga. Siangnya gue mau pergi, dan kalau jam segini aja gue belum bisa tidur, bawaannya pasti keleyengan besok. Ngumpulnya aja jam setengah 7.

Tadi pagi gue nonton Situation Critical di NGC tentang perjuangan astronot Apollo kembali ke Bumi dari antariksa denga berkali-kali melalui kondisi kritis. Gue merenung, dan menertawakan diri sendiri yang suka ngedumel soal fisika dan kadang gue pikir ngga meaning banget gue pelajarin. Padahal fisika penting banget peranannya buat ilmu pengetahuan, apalagi soal tata surya yang ke-tanpabatas-annya selalu bikin gue takjub. Tapi gue sadar, semua keluhan yang datengnya dari diri gue cuma sekedar respon jujur karena dasarnya gue emang ngga suka fisika, cuma lagi-lagi karena tuntutan kurikulum kita yang begini adanya, harus kita terima.

Bahkan kalo lebih dipikir, lebih malesin lagi pelajaran MTK. Tapi gimanapun MTK digunakan untuk membangun logika berpikir dan bisa mendukung fisika. Juga kimia. Yang lebih parah (dan bikin gue sebel abis), orang-orang yang selalu merasa superior dengan menguasai eksak tapi menyepelekan bidang lainnya. Toh mau bahasa, seni, budaya, sejarah, kewarganegaraan, IT, sampe olahraga semuanya ilmu. Semuanya mendukung satu sama lain.

Mungkin sekarang pikiran gue mulai terbuka dalam memahami kata-kata (yang kedengerannya klise): "Nggak ada kata sia-sia dalam belajar." Percaya atau ngga, semuanya bermanfaat dan saling mendukung. Gue harus ngerubah sifat gue yang suka ngeluh ini nih. Gimanapun, karena kita semua dituntut untuk mempelajari pelajarn sepaket-sepaket, gue mau berusaha keras mencintai semuanya. Soalnya kalo ngga dimulai dari suka dulu ngga bakal bisa deh.

Bokap gue bilang, dari 6,5 milyar penduduk bumi ini yang muncul ke permukaan untuk ilmu pengetahuan mungkin cuma ribuan. Malah banyak yang jadi sampah masyarakat aja. Sungguh hidup yang sia-sia. Ngeliat orang-orang yang udah menyumbangkan otak sebut saja se-su-a-tu untuk dunia, gue ngerasa ngga guna banget. Yah, mudah-mudahan niat gue buat "melakukan sesuatu" aja udah bisa membedakan gue dari orang-orang yang hidup tanpa tujuan seperti kebanyakan anak jaman sekarang. 

Kebodohan kedua yang gue ketawain dari diri gue sendiri,  gue cape-cape membenci dan mikirin mantan sahabat gue tersayang (baca posting gue sebelumnya). Ngga diniatin, tapi kadang kepikiran juga. Ah, susah banget emang melupakan. Mudah-mudahan balesannya dari Allah aja.


Kebodohan ketiga, sadar nggak sadar, manusia suka lupa bersyukur. Gue harus inget-inget lagi kapan terakhir kali gue bersyukur. Balik ke poin pertama tadi, kayaknya gue lebih sering ngeluh. Aduduh. Astagfirullahal'adziimm.

Kita dilahirkan dengan kelebihan yang berbeda untuk saling melengkapi, so there's no reason to be an ordinary one! :)


Oh ya, tadi gue renang rutin seperti biasa. Dan ada anak kecil yang (yah gue emang SKSD main ngobrol aja sama bocah-bocah di kolam) nanya ke gue, "Kakak agamanya apa?", dengan tatapan yang sedikit menyidik. "Islam." Gue jawab. 
Trus giliran kakaknya, "Ras?"
"Indonesia." Gue jawab. "Kita semua kan orang Indonesia, jadi kita satu. Semuanya sama aja." Gue jawab sediplomatis mungkin.
Tapi si anak itu kekeuh nanyain soal ras. Ampuuunn.

Heran deh, anak kecil aja kok rasis amat. Jujur aja, gue kurang suka sama orangtua yang mendidik anaknya buat membeda-bedakan kayak gitu. Apalagi masalah agama. Ya ampun, semua juga tau Indonesia itu sangat heterogen. Islam, katolik, protestan, hindu, buddha, kong hu cu, belum lagi, aliran-alirannya yang udah macem-macem. Ada juga yang sebenernya atheis, dan nama agamanya cuma di KTP aja.


Ngapain sih kita milah-milah temen berdasar agama atau ras? Asli ngga penting. Apalagi ngedoktrin anak sejak kecil untuk bergaul hanya dengan kelompok tertentu aja. Ya ampuuunn. Yang parah soal agama. Emang susah ya mempelajari agama sendiri, mencari kebenaran di dalamnya tanpa harus menjelek-jelekkan agama lain? Boleh aja semua hal di dunia ini baik, tapi yang namanya kebenaran ngga mungkin lebih dari satu, kan? Masalah belief itu kan hak setiap orang. Gue sih pada dasarnya menghargai aja apapun keyakinan orang.

Ras atau suku juga, ya udah sih gue Sunda, si ini Padang, si ono Jawa, si itu Batak, so what?? Ngga penting banget dibeda-bedain! Kita semua sama aja..


-AB-

0 comments:

Posting Komentar