Sabtu, Maret 06, 2010

Kemiskinan, Pendidikan, Tingkah Laku


Hey ho!
Mau cerita nih.
Jadi ceritanya Sabtu yang lalu gue dapet kiriman berkas dari AFS yang isinya persyaratan-persyaratan yang berhubungan sama pengurusan visa dan sekolah di sana (padahal hostfam belum ada yang dapet kabar -,-). Health Addendum yang mengharuskan gue melengkapi imunisasi yang belum-belum (ditambah booster untuk sebagian imunisasi), translate rapor, ngurus paspor (karena gue belum pernah ke luar negeri, hehe), juga ngisi form permohonan pengajuan visa. Untung aja ada papa yang bantuin karena gue bingung ngurusinnya.


Okee, singkat cerita, gue libur dari Rabu kemaren (yeeeeaaayy!!!) karena kelas 3 ada TO. Ah gilaaa, udah mau UN lagi aja! Semangat ya kakak-kakak semuanya!!! Gue juga kudu nyicil materi dari sekarang nih, hehe. kalo ngga bisa keteteran nanti. Dan karena lumayan banyak imunisasi yang perlu gue jalani, hari Rabu kemaren udah mulai start Hepatitis B dulu. Dan kemarin gue ke Imigrasi Tangerang buat foto&wawancara paspor. Ampuunn tabah-tabah-tabah, nunggunya bikin senewen! Lama gila! Malah ada ibu-ibu yang udah dateng dari jam setengah tujuh pagi, dan dapet wawancara giliran akhir. Ck. Makan ati deh diselak-selak gitu.. Gue jadi telat renang deh. -,-

Tadi gue nemenin bonyok ke SMP 1, ade gue dapet nomor 425. yah, best wishes for him lah, semoga ade gue bisa diterima di tempat terbaik.. :) Pulangnya, ke toko kue dulu, beli bahan-bahan bikin bolu, cake, sama bingka. Gue mau seriusin belajar masak bener-bener niihh.. Wanna be a tester? :p Pulangnya iseng mampir ke pasar, nyari tape singkong yang seger susah banget sih. Gue kirain cuma nyari di pinggir aja, jadi gue nemenin nyokap. Ngga sopan aja masa gue nunggu di mobil sama bokap. Ngga taunya abang-abangnya ngga jualan. Dan kita nyari tambah ke dalem. Pulangnya, gue mangkel abis dan gue NGGA MAU LAGI-LAGI KE PASAR!!!


Bukannya gue sok tajir, sok kepanasan, bla bla bla. Ya gue tau sih, emang tadi gue saltum abis ke pasar (wong niatnya ke sekolahan, ya gue pake baju semi-formal). Tapi asli deh, baju gue bahannya sangat memadai&bukan baju "memancing". Masih aja banyak yang gangguin. Abang-abang sampe kakek-kakek. Hiiiiyyy!!! Oke kalo sekedar verbal, nyaris aja tangan abang-abang nyolek-nyolek gue kalo gue ngga langsung ngibrit. KESEL!!!


Menyedihkan banget ya, orang-orang gitu. Orang-orang ngga berpendidikan. Bukannya gue mau sok mengkasta-kastakan orang, tapi emang kenyataannya kemiskinan dan pendidikan ngaruh banget sama tingkah laku seseorang. Contoh tadi cuma salah satunya. Dan belum lagi, kata-kata kasar dan ngga senonoh yang suka nyablak keluar dari mulut-mulut orang-orang di sana.


Sedih. Miris. Masih banyak aja orang-orang yang berkelakuan kampungan begitu, menggambarkan cewek sebagai objek yang ngga sepantasnya. Ck. Yah, sebagian salah perempuan juga sih yang kadang berpakaian atau bersikap terlalu berani. Yah, tapi sekali lagi, gue ngga mau menghakimi. Gue cuma bisa berharap, ke depannya tingkat kemiskinan negara kita bisa menurun, pemerataan pendidikan bisa menjangkau semua daerah DAN seluruh golongan masyarakat. Dan kelakuan setiap individu - dari hal terkecil aja deh - bisa lebih menghargai diri sendiri, orang lain, syukur-syukur... negaranya. Negara kita. :) Oh ya, selain itu gue jadi menyadari pentingnya beladiri, khususnya buat cewek. Gue jadi nyesel dulu ngga pernah serius belajar silat, karate, sama taekwondo, cuma sekedar lalu aja. Tapi sekarang gue mau serius belajar aikido! :)


Liburan ini, selain sibuk ngerjain tugas dan ngurus-ngurus buat AFS, gue nonton ulang film Love Story in Harvard. Ah, keren banget deh! Gue jadi pengen banget jadi dokter. Mupeng abis liat harvard! Dan... jadi pengen punya cowok pengacara. Haha. Yang idealis tapi, yang bener-bener memperjuangkan keadilan.. :p
*Ah kebanyakan ngayal lo Az


Happy weekend guys!

-AB-

0 comments:

Posting Komentar