Minggu, Juni 06, 2010

Banjir dan Macet!


Kena macet standar di Jakarta sehari-hari aja udah bikin males, apalagi macet yang luar biasa. Bikin kekiiiiiii! -.-
Dan kemarin Jakarta lagi macet parah gara-gara banjir. Atau kalian ada yang terjebak juga di jalan tol tadi dan couldn't do anything selain guling-guling ngga jelas di mobil? Saya tau pasti bete banget, karena gara-gara banjir kemaren gue, bokap, dan adik gue beserta om, tante, dan sepupu-sepupu gue di mobil yang lain puter-puteran nggak jelas dari Tangerang-BSD-Alam Sutera-Kembangan-Puri Indah-Tangerang.


Ceritanya kita mau ngelayat sepupunya mama yang meninggal gara-gara kanker (inna lillahi wa inna lillahi rajiuun) ke rumahnya di daerah Bintaro. Mama berangkat duluan sama om. Awalnya kita mau lewat tol BSD, dan sepanjang jalan raya Serpong gue udah mulai curiga sama lalu lintas yang ngga kaya biasanya. Serpong emang selalu padat, tapi kayanya ngga gini-gini amat deh. Bener aja, pas mau masuk tol, kita dihadang polisi dan tulisan kalo ada genangan di jalan tol and it means ngga bisa lewat jalan itu. Akhirnya kita muter balik, dan itu macet parah.. berasa ngga sampe-sampe ke Alam Sutera. Sampe di sana, karena udah siang juga, kita makan dulu. Dan ujan turun gede banget, mana tempat makannya outdoor gitu. Redanya pas banget bertepatan dengan kita selesai makan. How lucky. -.-


Lanjut lagi, niatnya mau lewat Kebon Jeruk aja. Tapiii tadaaaaaaaaaaaaaaaaaa... dari sebelum Karang Tengah udah mulai tersendat-sendat. Dan kita mutusin buat keluar di Kembangan karena udah macet total ke Kebon Jeruk. Tau sendiri kalo keluar di pintu tol situ muter baliknya jauuuuhhh bener. Setelah puter balik, ngga ada perubahan apa-apa, dan kita akhirnya mutusin balik lagi ke Tangerang (tau gitu mah padahal langsung balik aja lewat Cengkareng -.-). Ada yang bilang bajir di tol Bintaro sampe sepinggang. Dan ternyata selain karena volume kendaraan yang padat, pengalihan dari ditutupnya tol BSD, gue denger di berita tol Kebon Jeruk juga ada genangan air gara-gara dibangun tembok tapi ngga dibikin lubang saluran air. Dodol banget kan. Ya ngga heran jadi menggenang airnya.. Yang parah malah di ruas-ruas tol di mana jalannya lebih tinggi dari arteri, udah nasibnya deh jalan arteri banjir! Gini nih jadinya kalo pembangunan ngga disertain perencanaan yang matang.. Lagian ngga bisa dikeluhkan juga banjir kayak begini, gimana air bisa diserap sama tanah kalo semua lahan abis buat ngebangun jalan tol, gedung-gedung, mall, apartemen.. Sawah diurug, pohon ditebang.. Mungkin ini peringatan juga gara-gara kita udah terlalu banyak merusak alam..


Lama banget kita kejebak macet, nyokap malah baru sampe rumah jam setengah sembilan malem. Yang gue kasihan jenazahnya, jadi lama dikebumikannya karena macet dan hujan gede (segitu udah dikawal polisi padahal). Macet kemarin ngingetin gue sama mudik lebaran tahun lalu, waktu gue sekeluarga kejebak macet di Nagrek 20 jam. Haha mabooookk! Bayangin aja, normalnya kan Bandung-Tasik cuma 3 jam! -.- Masalahnya selalu aja terbentur sama volume kendaraan yang numpuk, motor yang kadang suka seenaknya, mobil mogok, dan minimnya aparat yang mengatur lalu lintas..


Hmm, jadi semua kemacetan ini salah siapa?

AB

0 comments:

Posting Komentar