Kamis, November 05, 2009

[Cuma] Opini Seorang Pelajar

Gue punya sifat moody. Kadang hal kecil aja bisa bikin mood gue berubah 180 derajat. Kadang gue kesel ampun-ampunan, tapi sekejap ketawa. Yah, aneh emang. tapi setelah gue perhatiin nyokap gue, jelaslah semuanya. Gue sadar dari mana sifat itu berasal. Hehe.

Dan semua ulangan, tugas, dan kegiatan-kegiatan akhir-akhir ini (yang bikin gue getting stress) bikin mood gue ngga karuan. Mungkin imbasnya gue jadi sering ngedumel sendiri dan sensi sama orang lain. Maaf ya semuanya.. :( Dan sekarang yang gue coba hanyalah belajar untuk ngga mengeluh. Talk less, do more.

Oke, yang pertama bikin gue kesel adalah sulitnya berkomitmen dengan jadwal. Well, gue udah berusaha menyingkirkan rasa malas, tapi hambatannya adalah badan gue sendiri. Mungkin gue terlalu keras sama diri sendiri, tapi gue jadi sadar kalo badan kita emang punya batasan. Apalagi fisik gue yang ngga bisa diforsir akhir-akhir ini rentan sakit. Gue emang bener-bener harus belajar mengatur waktu lebih baik lagi. Yah, kalau gue begini terus, gimana kalo gue lolos AFS/YES? Bisa tepar gue di sana, yang ada malah ngerepotin orang. Kalo (kondisi 2) gue (amit-amit sih) ngga jadi berangkat, gimana gue bisa ngejalanin kuliah kedokteran yang butuh fisik tahan banting..? Heemm.

Kedua, dengan ngga ada pembantu di rumah gue, gue jadi cape ngga karuan. Tega amat gue ngebiarin nyokap ngurus rumah sendirian..? Nyokap kan ngajar juga. Tapi ya itu tadi, belajar mandiri. Gimana kalo gue jadi ke Amrik? Gimana kalo gue ntar kuliah ngekos..? Masa iya mau mewek-mewek kaya bocah? Gue ngga boleh bergantung terus sama orang lain.


Ketiga, masalah prioritas. Heemm. Tiga hari ini gue kesel banget sama guru-guru yang kayanya kompakan ngasi tugas dalam waktu bersamaan. Jangankan buat nulis, baca novel, ikutan lomba debat,  latihan piano atau gitar (boro-boro), bagi waktu buat mempelajari setiap pelajaran aja kayanya susah banget! Gue tau bukan salah gurunya juga, emang materi yang padat dan deadline (bentar lagi semesteran bo!) yang memaksa kita semua. Tapi sadar ngga sih bapak ibu guru (walaupun bonyok gue dua-duanya guru) kalau beban kita berat (banget)..? Bayangin, belasan pelajaran ditambah praktikum! Bahkan kita harus mempelajari SEMUANYA, ngga peduli kita suka atau ngga, berminat atau ngga sama pelajaran itu.


Tadi Pak PH ngebahas masalah ini di kelas (gue curiga dia baca status fb sama tweet gue, haha), dan kata-kata gue terwakilkan. Tapi Pak PH bilang kalo "memiliki ciri" biologi, fisika, matematika, kimia, udah resiko buat gue dan teman-teman gue yang milih jurusan IPA. Well, yah gue emang kesel dengan tugasnya yang seabrek-abrek, tapi gue juga ngerti kalo dia begitu supaya gue dan yang lain belajar. Biar beliau bisa liat gue jadi dokter (amiinn) nanti. Tapi gimana dengan pelajaran lain? Gue cuma ngerasa bersalah sama guru-guru non-eksak kaya pelajaran PKN, sejarah, TIK, dst. Kadang waktu pelajaran mereka dipake belajar eksak. Tugas dinomorduakan. Bahkan di semua bimbel dan di rumah nyaris-nyaris ngga ada alokasi waktu buat belajar pelajarn non-eksak! Apakah bagus menomorsatukan eksak dan menomorduakan non-eksak..? Atau mempelajari semuanya dan ngga melakukan aktivitas lain selain belajar..? Abil tadi sampe nangis (gue tau pasti dia kesel banget karena cape, 2 bulan ini pulang malem terus gara-gara pelantikan KIR dan LDK). "Gue ngerasa ngga adil sama badan sendiri.." gitu katanya. Gue jadi mikir, apa ini masalah guenya aja yang ngga bisa bagi waktu atau emang semua pelajar di Indonesia punya pendapat sama dengan gue..?



Bukannya sok mengkritik atau gimana. Tapi kurikulum kita yang seperti ini menurut gue ngga efektif juga. Walau beberapa returmee AFS (khususnya yang ke Amrik) bilang kalau justru mereka berterima kasih sama kurikulum Indonesia yang membuat kita bisa "terlihat pintar" di depan anak-anak Amrik. Tapi bukankah lebih baik kalau mempelajari sedikit bidang tapi total daripada semua tapi cuma sekedarnya..? Belum lagi masalah sekolah-sekolah yang KATANYA bertaraf internasional. Well, kenapa ngga disiapkan mateng-mateng dulu..? Kesannya jadi memaksakan. Buat apa memaksakan murid beli buku-buku bilingual kalau emang ngga dipake (dan cuma menambah prosentase kasus kifosis sama anak sekolah)..? Toh baik dari guru maupun muridnya pun belum siap. Bukankah lebih baik slow but sure..? Kalau katanya Pak PH sih, otaknya dulu, bukan fasilitasnya..


Dan juga masalah penjurusan IPA, IPS, Bahasa. Kenapa cap masyarakat masih aja kolot? IPA itu pintar, IPS itu males, bahasa no comment. Banyak kasus di mana murid maunya apaa dipaksa IPA sama orangtuanya. Atau diojok-ojok gurunya. Nyokap gue yang guru ekonomi sering kesel banget. Bayangin aja, buat apa dibuat penjurusan kalau anak IPA banyak makan lahan anak IPS di universitas?? Udah gitu, kalau anak-anak yang pinter semuanya dimasukkin ke IPA, gimana IPS mau "hidup"..?? Mungkin di sebagian sekolah anak IPS "sisa" dari anak-anak yang ngga qualified ke IPA. Tapi, hello.. Liat dong sekarang, contohnya di sekolah gue. IPSnya pilihan! Walaupun gue anak IPA, gue salut kok sama anak IPS. Mereka cenderung kritis dan udah punya cita-cita yang jelas. Sedangkan sebagian besar anak IPA adalah siswa yang masih bimbang dengan masa depannya. Makanya cari aman dengan masuk IPA. Hmh. Bukannya mau ngejelek-jelekkin IPA ya, hehe. Gue tetep cinta IPA kok. ^^

Jadi inget, gue sempet debat ama Anu soal prioritas. Awalnya gue cuma iseng nanya sebenernya, "Nu, kalau elo ikutan AFS, udah gitu seleksi AFS barengan sama ulangan matematika, lo milih mana..?" FYI, Pak PH ngga pernah mau ngasih ulangan susulan MTK.


"Gue sih.." Dia mikir sejenak. "Ulangan matematika."

Gue ketawa. "Kalau gue sih, YA AMPUN GILA KALI gue milih AFS laahh..." 

"Sekarang gini ya, Zka," Gini nih susahnya anak speech ketemu anak debate. ngahahaha. "Emang kalau elo kepilih AFS bakal ngejamin lo lulus UN..?"

"Lah emang kalo ikut ulangan matematika udah pasti bakal sukses..?" ledek gue.
"Mungkin gue bakal kehilangan satu tahun kalau gue bener-bener berangkat. Tapi gue bakal punya satu tahun pengalaman juga yang ngga ternilai..."

"Bukan gitu Zkaa, masalahnya lo tau sendiri Indonesia itu selalu menilai kepandaian seseorang dari akademis.. Lo mau ikut AFS juga pemerintah ngga akan ngasih pengakuan apa-apa.."

"That's the point. Gue ngga mau ikut-ikutan orang kebanyakan. kalo emang pola pikir gue beda, ya udah, gue ngga mau jadi orang kebanyakan.." timpal gue sok. haha.

"Tapi emang kenyataannya di Indonesia kayak gitu kan Az.."

"Makanya itu. Gue ngga mau jadi kayak pemimpin-pemimpin sekarang. Udah deh, ambil aja kasus KPK sama polisi. Gue yakin mereka semua berpendidikan. Tapi coba liat moralnya. Mana kecintaan mereka sama Indonesia? Bukannya ngebangun malah begini." dan Anu diem. Gue buru-buru nambahin. "Tapi ya itu tadi kan pendapat Nu.. Saling menghargai aja."
Ya, beda kepala pasti beda pendapat.

Oh ya, tadi Abi (guru agama) ngambek di kelas gue, gara-gara ada murid kena kasus gitu, dan dia lagi bete gue dan temen-temen gue malah protes soal AC yang ngga dibenerin juga sampe sekarang. Ampun dehh gue kenyang sauna tiap hari. -,- Dan yang gue ngga ngerti dia ngomong-ngomong penguasa sekolah-penguasa sekolah gitu. Ngga ngertiii sumpah (apalagi gue duduk di belakang). Alhasil sekelas pada ngobrol. Ya udah dia ngambek dan ngeloyor ninggalin kelas. Bukan nyari pembenaran, tapi bener deh temen-temen gue (termasuk gue) bingung cerita dia tadi maksudnya apa. 


Hemm, jadi ke mana-mana yah gue ngomongnya. Aduuh. Lagi butek nih soalnya. Ini aja keajaiban banget besok ngga ada tugas. Dan gue ngga bisa tidur, makanya blogging dulu. 

Oh iya, sekarang gue mau melupakan AFS sejenak ah. Gue ngga mau terlalu berharap, walau gue optimis banyak jalan untuk pergi ke sana dan menjadi DUTA INDONESIA. Yes I will, someday.

Udah ah mau bobok dulu. 


-AB-

0 comments:

Posting Komentar