Minggu, Oktober 04, 2009

Dongeng Sebelum Tidur
(kok kayak judul novel Agnes Jessica yaa..?)


Konbanwa..
Aduh, badungnya.. Udah nulis lagi aja, padahal peer MTK dan fisika masih berlubang-lubang..
*halah
Yasudah lah, tak papa.. Yang penting sudah berusaha. Hehe.

Ngga bisa tidur nih ceritanya.. Jadi iseng buka laptop dan konek internet.
Huh, udah Senin lagi aja besok. Beraaaattt banget rasanya MENYUKAI hari Senin. -,-

By the way, lusa sekolah gue bakal kedatangan bule-bule dari Aussie!
Huahahahaha, jadi pengen cepet-cepet Selasa. Kalo aja Senin-nya boleh di-skip. =p
Jadi, skolah gue ngadain kerja sama dengan salah satu sekolah di New South Wales.. Yah, macemnya student exchange gitu, cuma yang ini sepertinya banyakan jalan-jalannya dan (ups) bayarnya mahal pula, bikin gue ngga minat. Hehe.

Oh iya, fiesta voice nanti mau nyanyi menyambut mereka. Haha.

Ngomong-ngomong soal student exchange, gue jadi inget AFS. Apa kabarnya yaa berkas-berkas gue di tingkat nasional..?

Jadi gini, beberapa bulan yang lalu, bokap gue nawarin gue buat ikutan seleksi program student exchange (sama kaya beliau dahulu).
Awalnya gue iseng doang, berhubung waktu itu gue lagi cari pelarian gara-gara broken heart (hahaha lebay! tapi emang bener gue baru ngerasain broken heart itu kaya gimana). Daripada wasting time termehek-mehek, mending gue coba aja, gitu pikir gue.
Dan ngga taunya gue lulus di tahap pertama.. Juga kedua..

Dan gue surprise banget, gue lolos di tahap 3 juga!
Artinya gue udah lolos di chapter Jakarta.
Ya ampun itu surat pemberitahuan gue lulus gue liat-liaaaattt mulu. Sampe akhirnya gue kasih bonyok biar mereka aja yang simpen. hehe.

Seneng sih iya seneng, tapiii... tarararamtam!!
Masih ada seleksi nasional.
Dan gue ngga mau terlalu banyak berharap juga, soalnya sepupu gue dan kakak kelas gue nggak lolos di tahap ini.
Aduh, bener-bener perjalanan panjang dan melelahkan.
Tapi gue tetep excited menunggu hasilnya, yang bisa gue lakukan cuma berdoa, berdoa, bersabar, dan BERSABAR!!
Apapun yang terbaik.

Atau gue jelasin dulu aja ya soal program ini (buat yang udah tau, skip aja bagian ini, hehe).




Yayasan bina antar budaya (BAB) yang bermitra sama AFS intercultural program setiap tahun ngadain seleksi pertukaran pelajar untuk siswa-siswi kelas sepuluh SMA (gue ngga begitu tau yaa buat yang aksel).
Tujuannya yaa, diharapkan melaui program kayak gini kita bisa meningkatkan pehamaman antar budaya, juga diharapkan bakal tercipta generasi muda yang.. yang apa yah? Kritis dan berjiwa pemimpin mungkin ya.
BAB punya chapter-chapter yang tersebar di seluruh Indonesia. Ada chapter Jakarta, Bogor, Bandung, Aceh, Semarang, dll.

Nah, seleksi ini berlaku buat empat jenis program, AFS (American Field Service), YES (Youth and Exchange Study), JENESYS, dan JENESYS short program.
Short program lamanya cuma dua minggu, sedangkan program lainnya adalah year program (1 tahun).
AFS ini destination country-nya negara-negara di Eropa, Amerika, Australia, dst.
Kalo YES khusus ke Amerika; buat meningkatkan pemahaman antara Amerika dengan negara-negara yang bermayoritas muslim.
Nah, kalo JENESYS ini khusus ke Jepang.
Kita tinggal pilih program mana yang mau kita ikutin (pilih semuanya juga boleh kok, hehe).

Dan berhubung gue tidak berniat untuk pergi ke salah satu negara aja, gue centang aja semua, hahaha.
Emang gue pengen traveling kok!

Awalnya kita cuma kudu ngisi dua rangkap form, dan ikut seleksi pertama; pengetahuan umum (benar-benar umum), Bahasa Inggris, sama nulis essay. Kalo lulus, seleksi keduanya wawancara kepribadian dan Bahasa Inggris. Kalo lulus lagi, seleksi ketiga; dinamika kelompok.

Waktu jaman bokap gue (taun 80 sekian) pengumumannya bisa taun dpan gtu, waktu udah semester dua. Tapi kata Ka Yoyo, senior gue (returnee YES yang baru balik Juli kemaren), pengumumannya paling akhir taun.

Curious? Anxious?
Pastinya..
Yah, itu tadi lah. apapun yang terbaik buat gue..

Nothing to lose!

Udah ahh, ngantuuukk.. Telat lagi gue besok.

-AB-

0 comments:

Posting Komentar