Kamis, Desember 10, 2009

Miris


Gue tadi liat iklan "mari memberantas perdagangan manusia".
Gue jadi inget pembantu yang terakhir kerja di rumah gue.. (sekarang sih udah baru lagi hehe)

Sebut saja dia si X.

Di rumah gue kerjaannya cuma nyuci baju, piring, nyetrika, nyapu, sama ngepel. Dan dia kerjanya cepet banget! Weew, kalo kerja cepet tapi rapi sih ngga papa.. Ini asal banget. Bikin senewen. Kayanya (bukannya nyombong nih) masih rapihan kerjaan gue..

Tapi nyokap gue masih maklum. Karena sebenernya keluarga gue bisa ngerjain semuanya sendiri, cuma karena bonyok dua-duanya ngajar, gue sama ade gue juga sekolah jadi pada cape semua kalo ngga ada pembantu. Alasan kedua kenapa keluarga gue masih butuh pembantu: ADE GUE PENAKUT. Dan kalo di rumah ngga ada temennya, dia ngga berani. Padahal kalo udah di jalan raya, bawa sepeda udah kaya orang kesetanan!!! (makanya bokap gue ngga berani beli motor) Dasar jago kandang. Haha.
Nah, waktu kemaren ngga ada pembantu, gue dan bonyok jadi pusing. Karena ade gue mesti ditemenin. Serius deh mandi aja kadang masih dibuka pintunya.. -,-

Oke balik ke si X. Si X ini ceritanya merantau dari Lampung, dan di sini tinggal numpang di kontrakan orang di kampung sebelah komplek gue (orang itu juga ngontrak). Orang yang ditumpanginnya juga kerja jadi pembantu. Dan si X ini mesti bantu-bantu di rumah majikannya orang itu, tanpa dibayar! Padahal numpang tinggal juga cuma dikasih makan sekali, minum susah, tidur juga dialas tiker sama bantal. Beberapa hari setelah kerja di rumah gue dia ngaku kalo dia lagi hamil. Tanpa ditanya dia curhat sendiri kalo suaminya jarang pulang, dan bisa dibilang sama sekali ngga ngasih dia nafkah! Udah gitu, nikah sirih pula. Gue kasian banget sama dia. Bonyok dan ade gue juga.

Satu hal yang bikin gue tambah kasian sama dia, dia itu ngga bisa baca-tulis. Gue miris banget. Di tengah gencar-gencarnya pendidikan gratis, wajib belajar, ternyata masih ada aja (dan gue yakin di luar sana banyak banget) orang yang ngga bisa baca-tulis.

Dan yah, namanya orang lugu begitu, dia jadi sering dikerjain orang. Dimanfaatin tenaganya tanpa dibayar, dipinjem duitnya tapi ngga dibalik-balikin. Kasian gara-gara (maaf) dia bodoh, jadi gampang banget dibego-begoin orang. Diancem, dikata-katain..

Dan nyokap gue dengan berat hati memberhentikan dia dengan baik-baik, ngasih uang haknya, sambil nasehatin dia supaya pulang aja ke Lampung. Gimana ngga? Masa dia dilarang-dilarang sama orang yang ditumpanginnya buat kerja ke rumah gue, cuma buat bantuin kerjaan dia. Mending dibayar. Selain kesel, nyokap gue juga kasian dia diteken terus sama orang itu. Ngga tau sih ya, gue cuma denger ini dari cerita dia.

Bukan bermaksud buat ngomongin orang, tapi gue cuma mau share. Betapa beruntungnya kita yang terlahir di keluarga yang berkecukupan dan menyadari pentingnya pendidikan untuk masa depan.. Tapi banyak yang ngga menyadari itu, malah banyak yang menyiakan-nyiakan waktunya untuk hal-hal yang ngga penting bahkan menjerumuskan.

Belajar kan bukan selalu ngitung rumus, baca textbook seberat bayi gajah, atau sekedar mengejar nilai..

Kalau tenaga gue bisa bermanfaat gue mau deh ngajarin baca-tulis, or whatever yang bisa gue lakuin buat orang lain yang kurang beruntung..

Gue tau, urusan pemerintah itu banyak, bikin pusing, tapi semoga ke depannya kesejahteraan masyarakat di negara kita bisa lebih terjamin..

Bukan cuma pe-er pemerintah kok buat membuat bangsa ini lebih baik. Pe-er kita juga sebagai orang-orang yang akan duduk di pemerintahan beberapa tahun mendatang. Pe-er kita sebagai penerus bangsa..

Semoga, di bidang apapun gue nanti, gue bisa jadi seseseorang yang punya andil dalam pembangunan bangsa ini ke arah yang lebih baik... :)



-AB-

0 comments:

Posting Komentar